Jumat, 04 Januari 2008

PSIKOLOGI KEARIFAN RUMAH TANGGA

Kado Pernikahan Abu Nawas

Penulis : Ashad Kusuma Djaya

Editor Naskah : Rini Kristina

Editor Bahasa : Widodo

Cetakan ke : 3; Agustus 2007

Tebal halaman : xvi, 236 hlm.

Ukuran buku : 14,5 x 21 cm

Harga buku : Rp 22.500,-


DENGAN gaya humor yang ringan, penulis buku ini mengajak pembaca untuk berbicara tentang pengelolaan rumah tangga berbasis kearifan. Tokohnya adalah Abu Nawas, yang dengan dasar kearifan hidupnya, ia bersama sang istri membangun rumah tangga penuh dinamika. Dalam buku ini berbagai kisah rumah tangga Abu Nawas muncul untuk menggambarkan pola manajemen rumah tangga berbasis kearifan. Kisah-kisah tersebut disajikan penulis menjadi suatu kado pernikahan bagi mereka yang akan, telah, dan bahkan sudah lama menikah dan ingin mengelola rumah tangganya dengan basis kearifan.

Di dunia modern ini, kearifan adalah suatu barang yang sangat mahal harganya. Tekanan-tekanan ekonomi dan suasana kerja dunia modern sering membuat keluarga-keluarga cenderung dibangun dengan pertimbangan praktis dan rasional, meski dalam beberapa hal kadang sangat emosional. Ketakstabilan emosi memang dampak dari tekanan dunia modern yang memang “kurang manusiawi”. Di dalamnya manusia disamakan dengan robot, modal kerja ekonomi, yang menjadi pelengkap jalannya mesin-mesin industrial.

Buku ini dirancang bagi para pembaca yang telah atau berkeinginan melampaui kesadaran material yang hanya berisi aturan-aturan buku yang mekanistik. Buku ini mengajak para pembaca agar bisa memahami hidup sebagai sebuah proses perjuangan yang tak pernah selesai hingga ajal menjemput. Karenanya, bagi mereka yang dengan kearifan hanya ingin santai-santai saja dalam hidup atau kurang aktif berikhtiar memperbaiki kehidupan, akan diajak untuk lebih serius dalam hidup. Dengan kata lain, buku diharapkan mampu membuat hidup menjadi lebih hidup.

Tidak ada komentar: